Rabu, 25 Mei 2011

Wagub Kunjungi Pembangunan Istano Basa pagaruyung

Pembangunan kembali Istano Basa Pagaruyung, tidak selesai sesuai dengan target, yakni pada bulan Agustus nanti. Dan bisa selesai pada akhir tahun ini. hal diungkapkan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim ketika meninjau pembangunan Istano Basa pagaruyung, Senen (23/05), kemaren. " Kita mengharapkan penyelesaian pembangunan Istano Basa Pagaruyung dapat diselesaikan dengan cepat. Dulu target kita pada Bulan Agustus selesai, tapi karena kesulitan kayu, kita minta akhir tahun ini dapat diselesaikan," ungkap Muslim Kasim.

menurut Wagub, penyelesaian segera pembangunan Istano Basa Pagaruyung, selain icon orang minangkabau, juga menjadi objek utama kunjungan para wiasatawan yang berkunjung ke Sumbar, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan asing. apalagi, pada bulan Juni 2011 nanti, Istano Basa Pagaruyung salah satu lokasi yang menjadi tempat star dan finish para pembalap internasional yang berlaga pada ivent Toer De Singkarak, dan tempat menjamu makan bajamba para pembalap tersebut.
sulitnya mendapatkan bahan kayu jenis surian dan maranti, Wagub menyarankan harus segera diselesaikan oleh pihak kontraktor dengan meminta bantuan kepada Bupati Tanah Datar melalui Dinas Kehutanan dan perkebunan Tanah Datar untuk membantu mencarikan kayu yang dibutuhkan tersebut. Kayu yang dibutuhakn jenis Surian dan maranti sebanyak 200 kubik.

pada kesempatan itu, Wagub mengatakan, tidak ada masalah dengan anggaran, dan dananya sudah tersedia, tinggal penyesuaian kebutuhan anggaran. sebab, Sejak terjadi gempa 2009 lalu, harga kayu memang terjadi lonjakan, dan tinggal menyesuaikan saja dengan kondisi saat ini. Pada kesempatan itu sudah disepakati, pihak kontraktor akan membeli kayu Surian seharga Rp3,5 juta/kubik meski didalam kontrak hanya sebesar Rp1,6 juta, dengan melakukan adendum.

Kunjungan Wagub ke Istano Basa Pagaruyung disambut Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe, Kapolres AKBP Teguh Trisasongko, Asisten II Muzwar M, Kepala Disbudparpora Alfian Jamrah, Kepala Distanhutbun Edi Arman, Pelaksana Harian PT Grafos Rusdi, Konsultan Pengawas Abdul Rajak, dan pimpinan SKPD terkait lainnya. Nasrul chaniago

teks foto: Wagub Muslim Kasim menberikan arahan kepada kontraktor Pelaksana Pembangunan Istano Basa Pagaruyung, ketika kunjungan kerja pagaruyung, Senen (23/05), kemaren. ( foto Nasrul Chaniago )

Tidak ada komentar: